Program Afiliasi, PPS, PPL, dan PPC

Friday, October 2, 2009

Saat ini, terdapat ribuan cara bagi netter yang tidak memiliki produk atau jasa untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satu yang paling banyak dilakukan adalah mengikuti program afiliasi.

Program afiliasi adalah program dimana seseorang akan mendapatkan komisi seandainya terjadi transaksi antara pemilik program dengan pembeli yang dilakukan atas rekomendasi orang tersebut.

Mengapa program ini bisa begitu diminati ?; “jika anda tidak memiliki produk atau servis, naum ingin menarik buahnya dari e-commerce jenis ini..., “begitu kata Gordon White, editor buku E-Commerce Guide.

Afiliasi memang banyak diminati oleh mereka yang ingin memanfaatkan internet sebagai media penghasil uang dengan tanpa produk atau jasa yang mereka miliki. Dan faktanya, banyak penggiat afiliasi yang sukses meraup dollar dari model bisnis ini. Rosalind Gardner adalah sedikit contoh dari sekian banyak orang yang eksis dari dunia ini.

Pihak-pihak yang terlibat dalam program afiliasi adalah merchant, pembeli dan member afiliasi. Merchant adalah penjual produk atau informasi. Member afiliasi adalah pihak yang menjalankan fungsinya sebagai perantara atau pemasar merchant. Sedangkan pembeli dalah pihak yang membeli produk atau jasa merchant atas rekomendasi member afiliasi.

Program afiliasi ini bisa dibagi dalam beberapa kategori yaitu pay per sale (PPS), pay per click (PPC) dan pay per lead (PPL). Selain ketiga kategori tersebut, program afiliasi lain yang cukup populer adalah twotier program. Layaknya pemasaran berjenjang two-tier program akan memberi komisi selain dari penjualan langsung, juga dari penjualan yang dihasilkan dari member lain yang telah berhasil direkrut.

Pay-per sale (PPS)

PPS adalah salah satu jenis afiliasi dimana merchant akan memberi komisi untuk setiap penjualan yang terjadi atas rekomendasi dari member afiliasi.

Dibandingkan dengan pay per click atau pay per lead, besarnya komisi yang bisa berupa prosentase atau berdasar nominal tertentu nilainya jauh lebih besar. Wajar saja, mengajak orang untuk mau membeli barang jauh lebih sulit dibandingkan dengan hanya mengajak orang mengisi aplikasi pemesanan.

Pay-per-lead (PPL)

PPL ppl adalah salah satu program afiliasi diamna merchant akan membayar kepada member yang bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung masuk ke situs merchant dan mengisi formulir pembelian atau pendaftaran online-meskipun tidak terjadi transaksi penjualan.

Biro perjalanan, agen pendidikan atau pembuat software adalah pihak yang biasanya menggunakan program ini. Merchant berharap setelah pengunjung melakukan pendaftaran atau mencoba produk yang diberikan, akan ada tindak lanjut berupa penjualan. Dan untuk inilah member akan dibayar.

Meski komisi yang dibayarkan lebih kecil dibandingkan dengan pay per sale, tetapi pay per lead boleh dibilang lebih mudah karena hanya mengajak pengunjung mengisi aplikasi atau mencoba suatu produk. Contoh di dunia ‘nyata’, PPL sama dengan agen pemasaran kartu kredit yang akan mendapatkan komisi dari aplikasi yang sudah diisi oleh calon pnegguna, meski pada akhirnya kartu kredit tersebut urung digunakan.

Pay-per-Click (PPC)

PPC adalah program afiliasi dimana merchant akan membayar untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung di website atau blog milik member afiliasi. Iklan pay per click yang muncul di website atau blog bisa berupa kontekstual atau banner (image).

Dalam PPC termasuk juga iklan per impression yang akan membayar per jumlah iklan yang dilihat pengunjung. Sebagai contoh, fasclick.com adalah program dengan sistem ‘cost per 1000 imperssion (CPM)’.
Artinya, pemilik halaman web akan dibayar saat iklan klien mereka tertayang 1000-kali dengan atau tanpa pengunjung melakukan klik terhadap iklan tersebut.

Bidvertiser juga salah satu yang cukup populer karena kita boleh tahu dan boleh memilih iklan apa yang akan dimunculkan di web/blog kita-termasuk biaya iklannya.

Program ini sangat diminati pemilik blog atau website karena dengan hanya menempatkan iklan yang di klik atau dilihat oleh pengunjung, ia akan memperoleh uang tanpa peduli apakah ada penjualan yang dihasilkan dari klik tersebut.

Beberapa program advertising lain yang saat ini boleh dikatakan menjadi pilihan bagi para pemilih halaman web adalah :
 Pilih yang mana?

Saat ini, terdapat banyak sekali merchant yang menyertakan program afiliasi dalam penjualan produk atau jasanya. Boleh dikatakan, hampir seluruh situs yang menuual suatu produk menggunakan afiliasi sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pembeli.

Oleh sebab itu, mencari dan mengikuti program ini satu per satu adalah pekerjaan yang jelas tidak efisien dan efektif. Maka alamat yang sebaiknya diikuti adalah situs Associate program provider (AAP) atau marketplace yang berisi direktori banyak merchant dan sekaligus menyediakan program afiliasi bagi yang berminat. Saat ini, APP yang banyak dipilih adalah commision junction, clickbank, linkshare, BeFree dan performics.

Dengan memiliki satu user account di situs APP tersebut, member bisa menjadi pemasar produk atau jasa dari banyak merchant tanpa harus mendaftar satu per satu sekaligus bisa memilih kategori afilasi yang ingin diikuti (pay per sale, pay per lead,dsb).

Lantas, program afiliasi mana yang cocok bagi anda? Tentu saja tergantung pada kategori situs atau blog yang anda miliki. Jika blog atau situs anda bertema pendidikan, program afiliasi yang sebaiknya diikuti misalnya penjualan buku, alat tulis atau e-learning.

Buku ini ditulis khusus advertising program paling favorit saat ini yaitu Google AdSense yang memberlakukan sistem PPC (pay-per-click) iklan PPC adalah sebuah program iklan yang menggunakan konsep kontekstual dan banner (images). Program PPC ini diluncurkan oleh para Advertiser (pengiklan). Anda akan dibayar dengan perhitungan kalkulasi tertentu setiap iklan dalam bentuk teks maupun banner yang di-klik oleh pengunjung.

0 comments:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © Just4Stranger